Cara Full Wipe sebelum install Custom ROM ponsel Android

Cara Full Wipe sebelum install Custom ROM ponsel Android

Pasti banyak dari Anda pengguna smartphone bersistem operasi Android yang memang sudah bosan dengan tampilan stock ROM di smartphone Anda dan menginginkan install custom ROM, namun sebelumnya Anda harus melakukan full wipe yang benar. Karena saya juga mengalami hal tersebut paling lama mungkin hanya beberapa bulan saja, menyentuh angka 5 bulan saja sudah termasuk juara bagi Anda yang betah berlama-lama menggunakan stock ROM. Banyak sekali faktor yang membuat Anda bosan menggunakan stock ROM pada umumnya. Salah satau hal yang membuat Anda tidak nyaman dan merasa bosan adalah susahnya melakukan perpindahan antara menu yang satu dengan yang lainnya, berbeda dengan custom ROM yang selalu menyediakan pintasan sehingga membuat Anda semakin nyaman menggunakannnya.

Selain faktor diatas Anda juga pasti didasari oleh faktor UI atau tampilan. Pada stock ROM pasti hanya begitu saja berbeda dengan custom ROM yang cenderung lebih menarik. Dan faktor yang paling berpengaruh adalah karena bujukan teman Anda untuk secepat mungkin ganti custom ROM. Sebelum Anda install custom ROM di smartphone Anda sebaiknya Anda melakukan full wipe yang benar terlebih dahulu agar kondisi sistem di smartphone Anda bersih terlebih dahulu. Perintah full wipe banyak Anda temukan ketika sedang mendownload custom ROM. Namun di situ tidak di tuliskan cara full wipe yang benar itu seperti apa. Dan inilah cara full wipe yang benar sebelum Anda flash atau install custom ROM keinginan Anda.


  1. Pertama Anda harus masuk recovery mode terlebih dahulu ( ClockWork Mod )
  2. Lakukan wipe data dan juga wipe cache dengan cara memilihnya dan tunggu prosesnya
  3. Kemudian pilih mount and storage
  4. Pilih format / system. Pilih format system lalu yes
  5. Pilih format / data. Pilih format data lalu yes
  6. Pilih format / cache. Pilih format cache lalu yes
  7. Jika perlu pilih format / sdcard. Pilih format sdcard lalu yes ( Sebelumnya harus Anda back up dahulu data yang menurut Anda penting. Jangan lakukan hal ini jika file custom ROM Anda berada di sd card. Langkah ini hanya sekedar untuk mendapatkan smartphone yang fresh )
  8. Baru setelah itu Anda bisa flash atau install custom ROM pilihan Anda melalui CWM sesuai dengan petunjuk dari ROM tersebut.

Langkah tersebut hanya bisa dilakukan pada recovery mode seperti CWM salah satunya. Karena jika Anda melakukannya dari recovery bawaan tidak ada pilihan atau menu seperti mount / storage. Selain itu juga tidak direkomendasikan untuk menginstall custom ROM melalui recovery mode bawaan. Demikian beberapa langkah full wipe yang benar sebelum Anda memasang custom ROM pilihan di smartphone kesayangan Anda. Semoga langkah diatas bermanfaat dan Anda berhasil melakukan install custom ROM.