6 Aplikasi ini membuat mata tetap nyaman menatap layar Smartphone sebelum tidur

6 Aplikasi ini membuat mata tetap nyaman menatap layar Smartphone sebelum tidur

Ketika Apple menghadirkan update iOS 9.3 untuk pengguna umum, fitur yang sangat ditunggu-tunggu adalah Night Shift. Fitur ini untuk membuat layar kamu lebih warm atau hangat dengan warna cenderung kuning, sehingga dapat membuat aktivitas di malam hari lebih nyaman.

Night Shift dapat bekerja dengan cara mendeteksi waktu setempat di mana kamu berada dan mengubah temperatur layar setelah matahari terbenam. Begitu kembali masuk di pagi hari, layar secara otomatis menggunakan beralih warna normal. Sebenarnya beberapa vendor pembuat smartphone Android sudah ada yang menyematkan fitur ini. Berikut 6 aplikasi untuk membuat mata kamu nyaman ala Night Shift-nya Apple :


1. Night Shift: Blue Light Filter



Night Shift: Blue Light Filter adalah aplikasi filter layar yang sederhana untuk mengontrol jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone kamu. Sederhana, namun sungguh bermanfaat. Kamu bisa mengatur intensitas filter secara terpisah untuk siang dan malam hari, yang bisa diaktifkan atau dimatikan hanya dengan satu ketukan di bar notifikasi. Aplikasi ini gratis dan tanpa iklan.

2. Twilight



Twilight adalah salah satu aplikasi filter layar terbaik, memungkinkan tampilan layar beradaptasi dengan waktu. Pada malam hari, aplikasi ini akan melunak intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel atau tablet sesuai jadwal yang kamu tentukan.

3. Night Shift (Bluelight)



Aplikasi Night Shift (Bluelight) lebih sederhana dan mudah digunakan. Terdapat tiga fitur utama, yaitu filtering, jadwal, dan penyesuaian suhu warna. Ada slider yang memungkinkan kamu mengubah suhu warna antara "kurang hangat" dan "lebih hangat".

4. Eye Filter (Blue light filter)



Eye Filter akan mengurangi ketegangan mata dengan menerapkan warna overlay tembus pandang di seluruh layar. Kamu bisa mengurangi kecerahan dan cahaya biru secara keseluruhan. Aplikasi ini memiliki empat penyesuaian sederhana, on/off filter eye, mengatur opacity antara 0% -100%, memilih warna untuk filter (hitam, abu-abu, Coklat), dan mengatur jadwal.

5. Night Owl - Screen Dimmer



Night Owl memungkinkan kamu untuk mengatur nilai kecerahan layar lebih rendah dari pengaturan perangkat bawaan. Jika kamu menggunakan jenis layar AMOLED, tentunya mendapat keuntungan lebih dalam pemakaian daya yang lebih irit. Filter yang ada di Blue-Light didedikasikan untuk mengurangi emisi cahaya biru pada layar dan menghilangkan efek insomnia.

6. Midnight (Night Mode)



Tidak hanya untuk meminimalkan emisi cahaya biru, aplikasi Midnight melakukan pekerjaan sangat baik untuk penyesuaian suhu warna layar. Terdapat akses kontrol, jadi layar akan otomatis memulai atau menghentikan filter saat aplikasi mendeteksi kamu menggunakan ponsel di tempat yang gelap.

Itulah 6 aplikasi yang bisa kamu gunakan, untuk membuat mata kamu lebih nyaman saat menatap layar di malam hari. Khususnya sebelum tidur, jadi tak perlu pakai iPhone, ponsel Android pun punya aplikasi Night Shift-nya sendiri.