Cara menghemat kuota internet saat main Pokemon GO

Cara menghemat kuota internet saat main Pokemon GO

Pokemon GO menggunakan teknologi Augmented Reality yang mengharuskan gamers berjalan-jalan di dunia nyata untuk menangkap Pokemon. Game ini mengandalkan GPS dan koneksi internet, yang artinya tidak hanya boros menguras baterai smartphone tapi juga boros kuota internet. Padahal tidak semua pengguna smartphone punya kuota internet yang berlimpah, lalu bagaimana caranya agar Pokemon GO hemat data internet?

Menurut database Pokemon GO, penggunaan data untuk bermain Pokemon GO berkisar antara 2 MB hingga 8 MB per jam. Penyebab Pokemon GO boros kuota salah satunya adalah penggunaan data yang dibutuhkan untuk menampilkan peta. Ya, game ini sangat bergantung pada fitur lokasi, dimana secara terus menerus memperbarui data peta tempat kamu berada. Hal tersebut mengkonsumsi daya yang berlebihan dan membuat kuota internet kamu cepat habis. Nah salah satu cara, agar Pokemon GO hemat data internet adalah dengan mengunduh peta lokasi kota kamu.


Pokemon GO bergantung pada API Google Maps, untuk menampilkan peta dan menemukan lokasi kamu. Dalam game Pokemon GO memang tidak memiliki pilihan untuk men-download peta offline. Kamu bisa langsung buka aplikasi Google Maps di smartphone Android atau iOS, selanjutnya buka opsi pengaturan. Di situ terdapat pilihan untuk 'area offline', kalau bisa unduh menggunakan koneksi WiFi atau jaringan seluler jika WiFi tidak tersedia.

Baca Disini : Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Koneksi Internet (Offline)

Setelah mengunduh peta offline di Google Maps, Pokemon GO akan hemat internet dan mengkonsumsi lebih sedikit baterai. Bukan berarti kamu bisa bermain Pokemon GO secara offline, tetap harus online untuk menemukan Gyms, PokeStop, dan tentu saja Pokemon liar di dekat kamu. Setidaknya, dengan langkah sederhana ini konsumsi data akan penurunan secara signifikan dan berimbas pada baterai smartphone yang lebih awet. Artinya, kamu bisa berkelana lebih jauh tanpa takut kehabisan paket data dan baterai. Kamu sudah download Pokemon GO dan sudah tau cara main Pokemon GO. Seru banget kan,?