Kumpulan Cara Mudah Merekam Layar di Android

Kumpulan Cara Mudah Merekam Layar di Android

Pada dasarnya merekam layar di smartphone Android sudah bisa dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Namun kemampuannya masih sangat terbatas, belum lagi ribet karena membutuhkan akses root.

Google akhirnya mengenalkan Android 5.0 Lollipop, yang memungkinkan kamu merekam layar Android tanpa akses root. Jadi kamu bisa bikin video tutorial tips dan trik game atau aplikasi lebih mudah. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dikembangkan secara khusus untuk merekam layar. Berikut kami sajikan cara mudah merekam layar di Android (screen recording) tanpa root :

1. YouTube Gaming



Download YouTube Gaming

Awal bulan April Google akhirnya meluncurkan channel YouTube Gaming di Indonesia, yang berisi video tentang game dan live streaming yang berhubungan dengan game. Google menyebutnya sebagai "komunitas terbesar dari para gamer di internet".

Aplikasi YouTube Gaming ini sudah tersedia di Android dan iOS. Selain untuk menonton video terkait game, kamu juga bisa juga merekam layar untuk game atau aplikasi lainnya dengan aplikasi ini. Kamu bisa langsung upload ke YouTube atau cukup menyimpannya saja di memori telepon.

Terdapat satu fitur menarik, yaitu mobile capture yang menampilkan wajah kamu saat merekam layar. Fitur ini tentunya memudahkan kamu menjelaskan lebih menarik tanpa bantuan video editor khusus.


2. Rec. (Screen Recorder)



Download Rec. (Screen Recorder)

Meskipun Rec sudah lama hadir, namun aplikasi ini tidak sederhana. Karena kamu bisa mengatur bitrate, resolusi, dan kontrol waktu. Tidak ada batas waktu, jadi kamu bisa merekam sepuasnya hingga memori habis. Hasilnya juga tanpa watermark. Rec punya versi Pro, jika kamu ingin menghilangkan iklan dan untuk akses ke pengaturan lebih lanjut, seperti kualitas video preset.


3. Lollipop screen recorder



Download Lollipop screen recorder

Lollipop screen recorder lebih sederhana, kamu hanya cukup menekan tombol untuk mulai merekam layar. Pengaturannya cukup lengkap, kamu bisa menyesuaikan resolusi, bitrate, orientasi video, start delay, dan memilih tempat menyimpan file rekaman video.


4. AZ Screen Recorder



Download AZ Screen Recorder

Aplikasi yang satu ini tentunya kamu sudah familiar, karena memang sering JalanTikus rekomendasikan. AZ Screen Recorder punya banyak sekali fitur, kamu dapat mengontrol resolusi video, bitrate, orientasi, frame rate, dan menambah watermark atau teks. Kamu bisa upgrade premium untuk dapat menampilkan overlay video dari kamera depan, converter GIF, editor video, dan pilihan lainnya.


5. Mobizen Screen Recorder



Download Mobizen Screen Recorder

Setelah kamu meng-install Mobizen Screen Recorder, aplikasi akan melakukan konfigurasi pengaturan dan mencocokkan kemampuan hardware perangkat kamu. Secara default video hasil rekamannya ada watermark-nya, tapi kamu dapat menghilangkannya melalui pengaturan. Kamu juga dapat memangkas dan memotong hasil rekaman layar.


6. ADV Screen Recorder



Download ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder memungkinkan kamu untuk kreasi video di layar smartphone. Karena kamu dapat menggambar atau mencorat-coret layar. Kamu juga bisa membuat video tutorial lebih mudah dengan aplikasi ini. Menariknya, kamu juga bisa menambahkan rekaman dari kamera depan ke video.

6 aplikasi perekam layar Android di atas memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa coba satu-satu atau pakai beberapa aplikasi yang paling sesuai dengan kegiatan kamu. Selamat Mencoba !