Cara mengakses aplikasi Android langsung dari keyboard

Cara mengakses aplikasi Android langsung dari keyboard
Untuk kamu yang menjalani keseharian dengan ditemani oleh Android tercinta, maka kamu pernah mengalami dong ketika harus berpindah-pindah aplikasi secara rutin dan cepat, namun akses yang diberikan cukup tebatas. Nah melalui artikel ini, kami akan memberikan tips keren agar kamu bisa mengakses aplikasi apapun di Android langsung dari keyboard.

Tips ini dikutip dari tulisan karya Nelson Aguilar melalui situs WonderHowTo dengan penambahan-penambahan yang diperlukan. Kita mulai step-by-step-nya :

  • Untuk langkah awal, kamu hanya perlu download dan install Ginger Keyboard melalui tombol download di bawah ini. Sizenya berukuran 35,7 MB dan lisensinya gratis kok.

   

Download Ginger Keyboard 


  • Apabila sudah di-install, jalankan Ginger Keyboard dan ikuti tutorial singkat yang mereka sediakan. Tutorial tersebut berguna untuk mengalihkan keyboard bawaan Android agar berubah menjadi Ginger secara default. 
  • Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Ginger di semua aplikasi yang membutuhkan keyboard deh. Coba di tes dulu dengan menggunakan BBM atau WhatsApp, apakah sudah berhasil apa belum.
  • Nah apabila berhasil, di atas keyboard yang kamu gunakan, akan ada beberapa ikon shortcut aplikasi. Melalui bar tersebut, kamu bisa dengan cepat mengakses aplikasi favorit dengan cepat deh. Apabila kamu ingin menambah shortcut aplikasi ke dalam bar tersebut, kamu tinggal menekan tombol + di sebelah kanan bar, sembari membuka aplikasi yang dimaksud.

  • Kamu juga bisa menghapus ikon aplikasi yang tidak digunakan. Cukup menekan lama ikon aplikasi tersebut dan pilih remove.


Bila masih kurang jelas, ada video tutorial-nya juga nih guys: