Cara mengatur altimeter digital secara manual

Cara mengatur altimeter digital secara manual
Altimeter merupakan sebuah alat yang di pakai untuk mengukur ketinggian suatu titik tertentu dari permukaan laut.

Alat ini biasanya di pakai untuk berbagai keperluan seperti pendakian dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Altimeter pun digunakan di dalam penerbangan dan menjadi alat yang wajib terpasang.


Cara mengatur altimeter digital secara manual

Dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini altimeter dapat digunakan melalui aplikasi di Smartphone. Pengguna hanya menginstall aplikasi altimeter tersebut di Appstore ataupun Playstore.
Namun, menggunakan altimeter dari aplikasi SmartPhone mempunyai kelemahan, yakni mesti sangat bergantung dengan internet. Kita semua tahu bahwa ketika berada di gunung kita tidak selalu mendapatkan jaringan yang bagus, sehingga hasilnya kurang begitu akurat. Sehingga altimeter berwujud asli masih tetap dibutuhkan.

Fungsi Altimeter alat ini adalah untuk mengukur ketinggian sebuah titik dari permukaan laut.

Altimeter ini bekerja dengan beberapa prinsip yaitu :
- Tekanan udara (yang paling umum dipakai)
- Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi)
- Gelombang (ultra sonic ataupun infra merah dan lain sebagainya)

Dalam memakai alat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Setiap altimeter yang akan dipakai harus dikalibrasi terlebih dahulu. Periksa ketelitian alat ini di titik ketinggian yang sudah pasti.
2. Alat ini sangat peka terhadap guncangan, perubahan cuaca serta perubahan temperatur.
Lalu bagaimana cara kerja altimeter? Kepadatan udara akan semakin kecil sebanding dengan ketinggian. Alat ini menggunakan perbedaan tekanan udara guna menunjukkan ketinggian suatu tempat.

Untuk memperoleh pembacaan yang akurat, altimeter mesti dikalibrasi dalam kurun waktu tertentu. Biasanya dilakukan di pinggir pantai, sebab titik nol (0) altimeter yaitu permukaan air laut.
jika tidak memungkinkan untuk pergi ke pantai kalian bisa mengatur kalibrasi manual menggunakan bantuan smartphone dan internet dengan mencari sea level (altitude) posisi tempat tinggal kalian menggunakan PC ataupun smartphone yang kalian pakai.

Cara Mengetahui Ketinggian Tempat Pada Daerah Tertentu :
1. Silahkan Kunjugi www.mapcoordinates.net/en
2. Ketikkan nama lokasi yang kalian tinggali saat ini.
3. Klik tanda lokasinya, lalu silahkan di zoom
4. Maka akan tampil latitude, longitude dan sea level(altitude). Sea level sama dengan altitude atau ketinggian dari permukaan air laut (DPL)



Pemakaian Altimeter biasanya selalu diikuti dengan pemakaian kompas.

Altimeter bekerja berdasar tekanan udara sesuai naiknya angka ketinggian. Jika alat ini akan dipakai sebaiknya jangan dimasukkan kedalam tas/ransel karena hal tersebut bisa mempengaruhi prinsip kerja altimeter.

Di medan yang bergunung-gunung tinggi, resection dengan memakai kompas sering tak banyak membantu, di sini alat ini lebih bermanfaat.