Tanda - tanda kamu kecanduan Media Sosial

Tanda - tanda kamu kecanduan Media Sosial

Saat ini media sosial juga tak bisa dilepaskan dari peradaban manusia. Menyajikan informasi dan hiburan secara bersamaan, membuat banyak orang seolah tak bisa hidup tanpa media sosial. Sayangnya, banyak yang kelewat batas dan justru kecanduan dengan media sosial sampai-sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai manusia kita perlu bersosialisasi dengan manusia lain, dan ketika sosial media hadir, jarak dan waktu kini bukan lagi hambatan. Kalau kita menggunakan sosial media secara bijak, sosial media membantu kita tetap terhubung dengan orang-orang dalam kehidupan kita, meskipun mereka berada di negara lain. Sosial media memberikan kita kemudahan dalam berkomunikasi sekaligus hiburan di saat kita jenuh, akan tetapi bukan berarti gak ada efek buruknya lho. Kecanduan media sosial itu bisa membuatmu tidak produktif. Padahal media sosial itu asyik dan bisa mendatangkan banyak manfaat. Apakah kamu termasuk yang kecanduan media sosial?
Simak yuk tanda - tanda kalo sudah kecanduan sosial media berikut ini :

1. Kamu merasa lebih nyaman chatting daripada bicara langsung.
Memang, chatting itu sangat mengasyikkan. Kita merasa lebih santai kayak di pantai saat mengutarakan sesuatu dalam bentuk teks, kita tidak takut salah ngomong karena kita bisa memeriksa ulang pesan yang kita ketik sebelum menekan tombol 'Kirim'. Akan tetapi seringkali orang terjebak dalam kenyamanan chatting sehingga saat bertemu secara tatap muka, mereka malah sibuk sendiri dengan gadget.

Padahal ketika kita asyik chatting, kita kehilangan moment saat lawan bicara kita berekspresi. Walaupun aplikasi messenger difasilitasi oleh sekumpulan emoticon, melihat ekspresi lawan bicara secara tatap muka jelas lebih berkesan.

2. Kamu hanya bisa dijangkau lewat media sosial.
Kamu malas mengangkat telepon dan membalas sms tapi lebih suka aktif di dunia maya? Tak bisa disangkal lagi, Kamu jelas sudah kecanduan media sosial. Hal ini tentu tak wajar, karena media sosial sebenarnya bukanlah sarana komunikasi utama layaknya telepon atau sms.

3. Tidak bisa lepas dari handphone.
Bisakah kamu melupakan handphone 5 menit saja? Kalau nggak megang handphone, jari-jari kamu rasanya gatal banget pengen buka beranda, like atau komen status teman, upload foto dan semua aktifitas online lainnya.. Hati-hati! Ini sudah bukan kecanduan sosmed lagi, tapi kecanduan gadget.. Giliran listriknya mati dan powerbank nggak fungsi, mati gaya deh. Wkwkwk :D

4. Berniat Untuk Mengerjakan Tugas di Internet, tapi Malah Membuka Facebook & Twitter.
Tanda pertama ini merupakan hal yang paling terjadi kepada orang yang kecanduan sosial media. Pada awalnya ia berniat untuk mengerjakan tugas atau mencari referensi tugas melalui internet, tapi entah kenapa situs yang ia buka pertama kali pastilah Facebook.com atau Twitter.com. Bahkan karena saking seringnya, beberapa orang melakukan itu dengan refleks dan tanpa disadari ketika mereka membuka browser.

5. Tidak bisa membedakan dunia maya dan dunia nyata.
Sebenarnya saya kurang setuju kalau Facebook dianggap dunia maya, karena daftar teman saya sangat terbatas, dan itu hanya berisi sebagian besar orang-orang yang saya kenali. Saya benar-benar selektif dalam mengkonfirmasi atau me-request pertemanan, tujuannya supaya saya tidak terlalu keenakan sampai lupa menyapa orang-orang di sekitar saya. Karena kalau sebagian besar sosialisasi dilakukan di sosial media, kita menganggap bahwa semua aktivitas kita disana adalah kehidupan kita. Sayang ya, padahal di luar sana ada banyak hal menarik untuk dilakukan. Ironisnya, sosial media membuat beberapa orang tidak mau keluar dari kamar mereka yang nyaman.

6. Langsung Membuka Sosial Media Ketika Bangun Pagi dan Sebelum Tidur.
Salah satu tanda bahwa Kamu sudah ketagihan media sosial adalah langsung mengecek smartphone begitu bangun tidur. Entah Kamu sadari atau tidak, kebiasaan ini akan berulang setiap-harinya.
Jika Kamu menjadi orang pertama yang menulis status ataupun tweet di pagi hari dan juga selalu mengucapkan selamat tidur sebelum Kamu tidur di malam hari, maka hal tersebut juga mencirikan Kamu sebagai pecandu sosial media. Perlu Kamu ingat, menggunakan laptop dan smartphone sebelum Kamu tidur merupakan hal yang berbahaya karena Kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur. Hal tersebut tidak lepas dari sensor alamiah yang dimiliki otak kita yang menganggap bahwa hari masih siang ketika mata kita melihat sesuatu yang terang seperti layar komputer ataupun layar smartphone. Jadi biasakanlah diri Kamu untuk tidak menggunakan komputer dan smartphone sebelum tidur.

7. Memulai hari dengan Cek Status.
Lirik lagu 'bangun tidur ku terus mandi' sepertinya sudah tak lagi menjadi standar baku. Sebab, banyak yang ketika bangun tidur sekarang ini langsung menyambangi ponsel pintarnya untuk kemudian update status di Facebook dan Twitter, sembari memantau timeline serta status orang.

8. Sering membuka sosial media ketika sedang berkumpul bersama teman-teman.
Pernahkah Kamu berkumpul dengan teman atau keluarga namun Kamu lebih sering membuka ponsel Kamu ketimbang berinteraksi dengan mereka? Atau mungkin Kamu tidak memperhatikan topik pembicaraan mereka? Jika hal tersebut terjadi kepada Kamu, maka dapat dipastikan Kamu sudah kecanduan internet.
Menghabiskan waktu dengan orang spesial kadang juga agak diganggu dengan kebiasaan mengupdate status. Memang, ada beberapa yang tak masalah dengan kebiasaan ini, namun tak sedikit pula yang tak rela 'diduakan' dan langsung meminta pasangan atau orang terdekatnya untuk menyingkirkan gadgetnya.

9. Sharing segalanya di media sosial
Berbagi informasi memang tak ada salahnya. Yang kurang patut dilakukan adalah segala informasi -- termasuk hal tidak penting -- turut Kamu sharing ke media sosial.

10. Banyak postingan
Mengganti foto profil dan status di media sosial hingga beberapa kali dalam sehari? Hal ini ternyata juga merupakan salah satu pertanda bahwa kamu sudah ketergantungan dengan media sosial. Hati-hati, kebiasaan seperti ini bisa mengganggu teman-teman kamu di media sosial dan berisiko membuat kamu dicap lebay.