Tanda-tanda kamu sudah kecanduan Smartphone

Tanda-tanda kamu sudah kecanduan Smartphone

Di era modern seperti sekarang, smartphone , tablet dan segala jenis perangkat mobile lainnya membuat setiap orang tidak bisa lepas dari perangkat mobile-nya untuk online. Ada yang untuk sosial media, ada yang untuk sekedar browsing ataupun main game. Hampir semua orang memiliki benda yang satu ini, mulai dari anak sd sampai kakek nenek. Harganya pun beragam, dari yang harganya murah meriah sampai yang mahal banget. dan faktanya kehadiran benda yang satu ini tidak hanya membawa dampak positif, tetapi ada beberapa dampak negatif, misalnya kamu bisa kecanduan smartphone.
Tahukah kamu kalau gadget canggih milikmu juga bisa bikin kamu kecanduan ? Simak yuk Tanda-tanda Kecanduan Smartphone.


1. Sebelum dan Bangun Tidur, Memegang Handphone adalah Hal yang Pertama Dilakukan.
Jika dulu hal yang dilakukan setelah dan sebelum bangun tidur adalah berdoa dan mengucap syukur karena masih diberi kesempatan bernafas sampai saat ini, tidak halnya dengan sekarang. Hal yang dilakukan hampir semua orang ketika bangun tidur adalah membuka handphone, baik untuk melihat recent update di bbm, membalas chat atau sekedar melihat jam.

2. Jalan sambil chatting.
tanda kecanduan hp Pernah lihat orang nabrak tiang, tempat sampah, atau nabrak orang di depannya karena berjalan sambil chatting atau main smartphonenya sehingga matanya tertuju pada smartphone bukan pada jalan. Hal ini umum kita temui ketika di jalan, mall, atau tempat hiburan lainnya.

3. Nongkrong sama Temen tapi Selalu Sibuk dengan Gadget Masing-masing.
Pernah gak sih lagi nongkrong bareng teman-teman tapi semuanya pada sibuk dengan gadget masing-masing termasuk kamu. Kalau dulu meja selalu berisik dengan gelak tawa dan cerita-cerita seru, gak lagi dengan sekarang. Mereka yang ketanggihan gadget lebih sering nunduk dan mencet-mencet handphone di tangan.

4. Kamu Merasa Bahwa Handphone Mampu Menggantikan Segalanya.
Semakin kecanduan kamu pada gadget, kamu pun akan semakin merasa smartphone milikmu mampu menggantikan segalanya. Kamu gak merasa perlu lagi televisi, toh bisa nonton di youtube. Kamu juga gak perlu nanya ke orang-orang kalau ada sesuatu yang gak kamu ngerti, kan bisa cari di google. Begitu juga kalau lagi nyasar di jalan, langsung deh buka google map. Intinya, kamu merasa derajat handphone begitu tinggi sampai-sampai kalau ada apa-apa tinggal pencet-pencet deh.

5. Kamera selalu siap foto.
tanda kecanduan hp Antara orang ini fotografer, suka foto, atau memang ingin eksis di sosial media dengan meng-upload foto-foto dia setiap hari bahkan setiap jamnya. Sekali foto bisa menghabiskan waktu 5-15 menit untuk edit menggunakan Snapseed, VSCO Cam lalu terakhir biasanya upload di Instagram dengan puluhan hashtag. Foto yang di-upload juga bermacam-macam, mulai dari keadaan sekitar, selfie, hingga foto makanan.

6. Ke kamar mandi bawa HP.
tanda kecanduan hp Entah untuk main game, dengar lagu, nonton video, online, atau browsing-browsing. Tetapi kamu bisa menghabiskan waktu lebih dari 30 menit di dalam kamar mandi jika ditemani smartphone di tangan kamu.

Itulah beberapa tanda jika kamu kecanduan smartphone. Salah satu hal untuk menghindari kecanduan smartphone adalah kamu harus bisa membatasi diri kapan saja menggunakan  smartphone milikmu. Jangan sampai  smartphone  membuatmu lebih dekat dengan orang-orang yang jaraknya jauh, tapi membuatmu asing dengan orang-orang disekitarmu.

Baca Juga : Cara Mengukur Seberapa Besar Kamu Kecanduan Smartphone
Baca Juga : Aplikasi untuk menyembuhkan kecanduan Smartphone