Cara mengukur seberapa besar kamu kecanduan smartphone

Cara mengukur seberapa besar kamu kecanduan smartphone

Kecanduan memainkan smartphone adalah 'penyakit' yang mengerikan saat ini. Betapa tidak, kamu bisa mengacuhkan orang-orang di kehidupan nyata hanya karena asyik bermain dengan smartphone kamu. Hasilnya, kamu menjadi jauh dengan orang-orang yang asalnya dekat dengan kamu. Coba cek, apa kamu termasuk orang yang kecanduan memainkan smartphone?

Perubahan terbesar jika kamu kecanduan smartphone terlihat dari hubungan sosial loh. Jika dulunya kamu sering berbincang dengan teman-teman dan keluarga di rumah, sekarang kamu mungkin menganggap bahwa apa yang terjadi di smartphone Android kamu jauh lebih menarik.

Kecanduan akan gadget, terutama Smartphone Android saat ini sudah menjadi hal yang sangat umum. Hampir setiap saat kita pasti membuka dan menggunakannya. Kalau dihitung, pastinya kita telah menghabiskan berjam-jam dalam sehari. Kita ukur yuk seberapa besar kamu kecanduan smartphone menggunakan sebuah aplikasi bernama QualityTime - My Digital Diet. Aplikasi ini mampu mengukur ketergantungan kamu terhadap Gadget.

Cara kerja aplikasi QualityTime - My Digital Diet sebenarnya sangat sederhana. Aplikasi ini akan mendeteksi segala aktivitas yang kamu lakukan dengan HP Android kamu. Mulai dari berapa lama kamu menggunakan HP Android, aplikasi apa saja yang kamu gunakan, hingga seberapa sering kamu membuka kunci layar untuk melihat pesan, notifikasi, dan lain-lain. Kita coba dulu yuk aplikasinya.

Dengan membuka aplikasinya, QualityTime - My Digital Diet akan mulai merekam segala aktivitas kamu.

Sekarang gunakan HP kamu seperti biasa, deh. Kamu nggak perlu banyak mengutak-atik pengaturan pada aplikasi ini, karena penggunaannya pun sangat sederhana.

Nah, setelah seharian menggunakan HP kamu, coba sekarang lihat berapa banyak aktivitas yang kamu lakukan dengan HP Android kamu. Ini caranya.

  • Download dan install aplikasi QualityTime - My Digital Diet di HP Android kamu.

Download QualityTime - My Digital Diet


  • Buka aplikasi QualityTime - My Digital Diet di HP Android kamu.


  • Kamu akan melihat laporan berapa jam hari ini kamu menggunakan HP Android kamu. Serta aplikasi apa saja yang telah kamu gunakan hari ini.



  • Kalau kamu tekan lingkaran yang ada di tengah, kamu juga bisa melihat berapa kali kamu membuka aplikasi dan membuka kunci layar kamu.




  • Kemudian kalau kamu geser layarnya ke bawah, kamu bisa melihat laporan aplikasi apa saja yang kamu buka dan berapa lama kamu menggunakannya.


  • Kamu juga bisa menggeser layarnya ke samping untuk melihat aplikasi apa saja yang paling sering kamu buka.


Baca Juga : Tanda-tanda Kamu Sudah Kecanduan Smartphone

Selain mengukur aktivitas kamu, aplikasi ini juga punya banyak fitur lainnya. Supaya lebih jelas tentang cara penggunaan aplikasi QualityTime - My Digital Diet, Kita simak videonya dibawah ini