Cara mengatasi Android yang lemot saat bermain Game

Cara mengatasi Android yang lemot  saat bermain Game

Bermain game merupakan hoby semua orang, tidak terbatas usia, status, dan ekonomi, semua bisa bermain game dengan bebas dan tanpa dilarang oleh siapapun, kini gamepun bisa dimainkan di android dengan mudah.

Kamu bisa mendapatkan semua game gratis dan berbayar di android di Google Play Store, kamu bisa memilih genre yang kamu suka, ribuan game dapat kamu dapatkan di Google Play Store.

Untuk memainkan game sekarang pun Smartphone mu harus benar benar gahar agar bisa mengikuti game yang dirilis, jika android kamu masih lawas tentunya akan mengalami Lag Lemot bahkan Hang, tidak ada salahnya itu semua terjadi bahkan smartphone seperti Samsung, Sony, Xiaomi, Asus yang bisa dibilang memiliki spesifikasi yang hebatpun mengalami masalah ini.

Masalah Game Lemot memanglah sangat menyebalkan dan bikin kita emosi, namun disini kita bakalan ngasih tau bagaimana cara Mengatasi Masalah Pada Android yang Lemot dan Lag saat bermain game.

Berikut Cara Mengatasi Android Lemot Lag Saat Bermain Game  :


1. Hapus Aplikasi yang tidak penting
Menghapus aplikasi yang tidak penting bisa mengurangi Lemot Lag saat bermain game, hal yang penting yang harus kamu ingat adalah jangan pernah menginstal aplikasi yang berat berjalan di backround, hapus semua aplikasi social media dan chat, karena aplikasi itu akan menghabiskan sisa RAM yang ada dan akan membuat sesak.
Kamu bisa menguninstal aplikasi dengan cara masuk ke “Setting> Aplikasi” kemudian pilih aplikasi yang ingin di uninstall.
Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi Lag di android tanpa perlu root.

2. Hapus Recent Task ( Hapus Aplikasi yang berjalan)
Jika anda selalu menggunakan aplikasi secara bersamaan dan selalu meninggalkanya, jangan pernah melakukan hal ini terus karena tidak baik, aplikasi yang berjalan akan menghabiskan RAM yang ada dan membuat lemot android kamu apalagi saat bermain game, jadi jika setiap anda ingin bermain game sebaiknya tutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cara menekan recent app dan geser ke kiri.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Optimizer
Banyak orang berspekulasi untuk menggunakan optimizer apakah benar-benar efektif atau malah justru menghabiskan RAM, semua orang boleh beranggapan berbeda, namun disini Kami tidak menyarankan kamu untuk menginstal aplikasi optimizer karena apa ?
menurut kami aplikasi optimizer seperti ini tidak perlu di instal karena sama saja akan memakan RAM yang ada, cara kerjanya cuman muter, ketika membersihkan RAM memang akan terasa enteng dan benar-benar ringan, namun setelah beberapa saat aplikasi itu akan aktif maka RAM akan penuh kembali apalagi ditambah aplikasi Optimizer ini yang memakan RAM di Background xD jadi jika anda ingin membersihkan android kami menyarankan untuk melakukan secara Manual dan teratur.

4. Gunakan Tweak ( Untuk Pengguna ROOT)
Menggunakan tweak memanglah hal yang sudah biasa dilakukan pengguna android, apalagi mereka yang smartphonenya sudah di root, tweak sendiri bermacam-macam versi yang disebarkan, anda bisa menginstal tweak melalui recovery yang bisa anda dapatkan di Group Smartphone anda ataupun Google, banyak tinggal pilih saja.

(Semua kegagalan Tweak atau apapun yang menyebabkan kerusakan android anda bukan tanggung jawab kami)

Jadi jika anda ingin menginstal Tweak selalu Backup semua data yang ada.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper dan Widget
Menggunakan Live Wallpaper dan Widget akan menguras RAM anda jadi jangan sekali kali meng-install 2 macam aplikasi ini. Cukup gunakan homescreen yang simple yang penting nayaman dimata.

6. Jangan Gunakan  Launcher
Ternyata Laucher juga berpegaruh loh buat performa android kita, pastikan bahwa launcher yang kamu gunakan adalah launcher default, meskipun launcher memiliki daya pikat untuk mempercantik android kamu ternyata merka memakan besar RAM pada android, sehingga Game akan Lemot dan Lag saat dijalankan.

7. Pastikan Internet Anda Stabil
Bagian yang terpenting jika anda bermain game online adalah internet, internet dengan ping kecil akan membuat game anda tidak mengalami LAG dan lemot, kebalikanya jika internet kamu lemot kaya keong kamu bakalan mengalami lag dan lemot, hal ini terjadi bukan karena kehabisan RAM tetapi ternayata Internet kamu lemot kaya keong.

Itu dia cara agar Game kamu tidak lemot atau mengalami LAG, pelajaran yang kita ambil hari ini adalah jika kamu ingin focus ke game kamu harus ngorbanin beberapa aplikasi penting dan kecantikan android kamu, namun semua itu tergantung dari kebutuhan kamu, apakah ingin mempercantik android atau focus sekedar game saja, jika kamu ingin agar kamu lag kamu bisa mengikuti cara diatas yang sudah kita bahas.