install Android di komputer ( Remix OS )

install Android di komputer ( Remix OS )

Saking popularnya Android, selalu ada smartphone Android terbaru yang hadir menawarkan beragam fitur baru. Bukan hanya smartphone, aplikasi-aplikasi baru pun terus bermunculan untuk memudahkan pengguna Android.  Bisa saja kamu mencoba pengalaman menggunakan Android di PC dengan bantuan emulator seperti Bluestacks, tapi terasa berat. OS remix membawa pengalaman Android yang indah untuk sistem komputer Anda. OS ini didasarkan pada OS Android & benar-benar berbeda dari Emulator yang sudah ada. Banyak orang yang akhirnya men-download OS, tetapi banyak pengguna tidak tahu cara menginstal Remix OS pada sistem yang ada. Jadi dalam panduan ini saya akan membimbing Anda dengan langkah-langkah mudah untuk menginstal Remix OS 2.0 pada sistem komputer mereka. Dan Anda dapat membuat boot Remix OS 2.0 menggunakan USB drive Anda atau juga menggunakan OS lain dan dual boot, panduan ini memiliki segala sesuatu yang Anda mungkin perlukan.

Cara Install Remix OS di PC :

Untuk bisa menggunakan Remix OS, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan kamu butuhkan. Sementara ini Remix OS hanya bisa digunakan sebagai sistem operasi yang bisa diinstal lewat USB, bukan sistem operasi yang bisa langsung diinstall di HardDisk. Jadi saat USB dicabut, maka Remix OS pun akan hilang.

Adapun yang dibutuhkan untuk bisa menginstal Remix OS adalah:

  1. File Remix OS for PC. Remix OS for PC bisa kamu download langsung dari situs official Jide di sini.
  2. USB 3.0 dengan kapasitas minimal 8 GB. Perlu dicatat, kamu harus menggunakan USB 3.0 ya. Karena Remix OS membutuhkan USB yang memiliki kecepatan minimal 20Mb/s. Adapun hasilnya saat Jaka menggunakan USB 2.0, hasilnya adalah stuck di flash screen Remix OS.
  3. PC dengan arsitektur x86 (karena Remix OS adalah varian Android x86).
  4. Kemampuan PC untuk boot dari USB.

Jika semua sudah siap, langkah selanjutnya yang kamu butuhkan adalah membuat bootable USB yang berisi Remix OS. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Colokan USB 3.0 yang sudah kamu siapkan tadi ke PC, lalu extract folder Remix OS yang sudah kamu download sebelumnya.


  • Jalankan file RemixOS USB Tool.exe, lalu pada tab ISO silakan cari file RemixOS.iso yang tadi kamu extract.



  • Selanjutnya di tab USB Disk, silakan pilih directori USB 3.0 yang kamu hubungkan tadi. Lalu klik OK.


Proses pembuatan bootable USB membutuhkan waktu beberapa saat. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, kamu bisa langsung menggunakan bootable USB tersebut untuk menginstal Remix OS di PC kamu.

Bagaimana cara menginstal bootable Remix OS di PC? Jika PC kamu telah mampu boot dari USB, kamu tinggal hubungkan bootable USB tersebut ke PC, lalu reboot dan pilih untuk melakukan boot dari USB. Cara masuknya bisa lewat BIOS atau dengan menekan tombol Del + F2 saat booting, ini tergantung jenis PC yang kamu gunakan.


Hasilnya, kamu akan dihadapkan pada 2 pilihan. Apakah akan booting di Guest Mode atau Resident Mode. Jika masuk Guest Mode, semua aplikasi Android yang terinstal akan hilang saat kamu mencabut bootable USB-nya. Sedangkan jika memilih Resident Mode, semua aplikasi dan data akan tersimpan di USB, dan bisa digunakan di masa mendatang.


Gimana, apa kamu tertarik untuk mencoba Remix OS di PC?


Selamat mencoba!