Cara membuat Foto 360 derajat di Facebook

Cara membuat Foto 360 derajat di Facebook

Apakah kamu pernah melihat foto unggahan teman Facebookmu yang bisa diputar 360 derajat? Tentu kamu penasaran dong, bagaimana bisa membuat postingan seperti itu?
Facebook sejatinya sudah menghadirkan fitur foto 360 derajat sejak Juni 2016 lalu. Namun, hingga saat ini, belum tentu semua pengguna mengetahui cara mengunggah atau membuat foto dengan format seperti itu di aplikasi Facebook.

Berdasarkan rilis dari Facebook, Foto 360 derajat ini bisa buat dengan perangkat iPhone 4S atau di atasnya, iPad mini 2 atau di atasnya, iPad Air dan iPad Air 2, serta iPad Pro. Selain itu juga Samsung Galaxy S5 atau di atasnya serta Samsung Note 3 atau di atasnya. Tak cuma itu, pengambilan foto itu bisa menggunakan aplikasi atau fitur Street View, Google Camera, Cardboard Camera atau Theta S.

Cara untuk menggunakannya cukup mudah. Gunakan iPhone atau Samsung kalian untuk mengambil foto panorama dari smartphone. Jangan lupa set ke mode panorama pada smartphone kalian. Gerakkan perlahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan tenang. Setelah itu, tinggal unggah foto itu ke akun Facebook kalian.

Jika kamu mengambil foto dengan aplikasi yang mendukung metadata Photo Sphere XMP (seperti Google Street View), maka kamu cukup mengunggahnya seperti foto biasa.

Pada situs Facebook:

  1. Klik Photo/Video di bagian atas beranda Anda
  2. Pilih foto
  3. Pilih audiens foto itu dan post foto

Pada aplikasi mobile

  1. Tapi What's on your mind pada beranda Facebook
  2. Pilih Photo/video
  3. Pilih foto yang ingin Anda bagikan
  4. Pilih audiens dan post foto tersebut

Kamu juga bisa melihat foto 360 melalui Oculus Rift dan Samsung Gear VR. Jika Kamu menggunakan smartphone yang kompatibel dengan Gear VR, Kamu akan melihat tombol di sebelah kiri atas "View in VR". Pilih tombol tersebut dan masukkan smartphone ke dalam Gear VR untuk melihat foto 360.

Cara menikmati foto 360 derajat :

Sementara itu, pengguna bisa menikmati konten 360 derajat via smartphone, PC, maupun headset realitas virtual alias virtual reality (VR).

Di smartphone, pengguna cukup menggoyang perangkat ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Foto akan menampilkan keseluruhan perspektif. Jika ingin menikmati via PC, pengguna memerlukan kursor untuk menggulir layar ke berbagai sudut pandang.

Pengalaman paling memukau diakomodir oleh perangkat VR. Pengguna cukup mengarahkan kepala ke berbagai arah, sesuai perspektif yang ingin dilihat.


Selamat mencoba membuat foto 360 derajat di Facebook!