Cara membuka Easter Egg yang tersembunyi di Android

Cara membuka Easter Egg yang tersembunyi di Android

Google memang kerap memberikan kejutan yang sangat menyenangkan dalam setiap perangkat yang diproduksinya. Siapa sangka, ada sebuah game tersembunyi yang bisa dimainkan di perangkat itu, untuk membunuh rasa bosan penggunanya. Akan tetapi Game tersebut sepertinya berbeda-beda, tergantung pada sistem operasi yang diusung.

Ya, Easter Egg Android untuk tiap versi berbeda-beda. Cara ini juga bisa digunakan untuk melihat versi Android yang digunakan di smartphone. Cara mengakses fitur ini sangat mudah, langsung saja buka opsi Settings > lalu tap opsi About > tap Android version beberapa kali sampai layar menampilkan animasi singkat

Atau ikuti langkah - langkah berikut ini :

1. Cari menu 'Pengaturan'. Anda bisa membukanya melalui shortcut yang muncul saat menggeser layar dari atas ke bawah.

2. Dalam menu 'Pengaturan' cari pilihan 'Tentang Ponsel'. Buka pilihan tersebut dan anda akan menemukan menu yang menunjukkan 'Versi Android'.

3. 'Versi Android' memang hanya bisa ditampilkan, tidak bisa terbuka. Oleh karena itu, ketuk dengan cepat selama beberapa kali di bagian tersebut.

4. Akan muncul huruf logo sesuai versi Android yang anda miliki. Ketuk kembali layar  itu dengan cepat selama beberapa kali.

5. Layar akan berubah dan menampilkan gambar Logo sesuai Versi Android

6. Tekan layar dan tahan selama beberapa detik.

7. Tampilan game mirip Easter Egg pun akan muncul. Anda bisa memainkan jari-jari menyentuh gambar berupa game sesuai versi android yang di smartphone yang anda miliki. Gambar akan berpindah tempat dan berubah saat jari anda menyentuhnya.


Sejak Kapan Google Punya Easter Egg untuk Android?

Fitur easter egg Android pertama kali ditambahkan oleh tim Android pada perilisan Android 2.3 Gingerbread. Dianne Hackborn selaku pimpinan tim Android framework awalnya berteman baik dengan pelukis Jack Larson yang gemar melukis tema zombie.

Hackborn kemudian meminta Larson untuk melukis sebuah Zombie Gingerbread yang berdampingan dengan Robot Logo Android. Ternyata hasil lukisan tersebut sangat memuaskan bagi Hackborn. Akhirnya ia memutuskan untuk menambahkan lukisan tersebut sebagai fitur rahasia di Android 2.3 Gingerbread.

Itulah easter egg Android terbaru. Selain easter egg Android di atas, ada juga easter egg di mesin pencari Google seperti T-Rex Jump, Pacman, Zerg Rush, Tic Tac Toe, dan Solitaire. Sebenarnya, masih banyak lagi easter egg unik yang disisipkan Google di Google Now, seperti "Do a barrel roll" untuk memutar 360 derajat halaman hasil pencarian. Bagaimana, siap mencoba?