Cara Membeli Aplikasi Di PlayStore dengan Pulsa

Cara Membeli Aplikasi Di PlayStore dengan Pulsa

Membeli aplikasi di Google Play Store kini tidak harus memakai kartu kredit. Setelah Indosat, pilihan untuk membeli menggunakan pulsa makin bertambah, seiring Telkomsel meluncurkan metode carrier billing.

Fungsi carrier billing ini memungkinkan pembelian aplikasi/konten dimasukkan dalam tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa untuk pengguna prabayar.

Syarat untuk bisa menggunakan opsi ini adalah memiliki akun Gmail serta nomor operator telekomunikasi yang sudah bekerja sama dengan Google.

Setelah diaktifkan, metode potong pulsa ini bisa dipakai untuk membeli berbagai aplikasi, buku dan majalah digital yang terdapat di Google Play Store maupun In-App Purchase dalam game dengan cara potong pulsa.

Berikut cara mengaktifkan carrier billing / Cara Membeli Aplikasi Di PlayStore menggunakan Pulsa :

1. Pertama bukalah Google Play Store dari gadget Android Anda yang menggunakan kartu SIM Telkomsel / indosat / XL / Axis, lalu klik menu berlogo "hamburger" yang ada di kiri atas layar. Kemudian, pilih tab "My Account".



2. Opsi Payment Methods akan terbuka dan di dalamnya terlihat pilihan metode pembayaran: Add credit or debit card, Enable Telkomsel billing ( bagi pengguna kartu Telokomsel ) , Enable Indosat billing  ( bagi pengguna kartu indosat ) , Enabel XL / Axis billing ( bagi pengguna kartu XL / Axis ) dan Redeem. Pilih opsi Enable Telkomsel / indosat / XL / Axis billing.

( untuk pengguna kartu indosat )


( untuk pengguna kartu Telkomsel )

( untuk pengguna XL / axis )

Opsi enable Telkomsel / indosat / XL / Axis billing akan mengaktifkan metode pembayaran aplikasi Google Play menggunakan pulsa pengguna layanan Telkomsel / indosat.

3. Setelah memilih opsi Enable Telkomsel / indosat / XL / Axis Billing, akan muncul pemberitahuan verifikasi akun. Anda pun akan diminta memasukkan nomor telepon, nama serta alamat. Setelah mengisi semua data itu, pilih opsi Save.


4.Selanjutnya akan ada pemberitahuan via SMS yang dikirimkan ke nomor yang Anda daftarkan. Setelah SMS ini sampai, opsi carrier biling sudah aktif an mulai bisa digunakan.



Cara Pembelian :

  1. Pilih aplikasi berbayar yang ingin didownload
  2. Klik ikon harga
  3. Masukkan password Google account
  4. Bukti pembayaran akan dikirimkan melalui email dan juga SMS



Metode carrier billing ini bisa digunakan membeli aplikasi, game, majalah, buku maupun In-App Purchase menggunakan metode potong pulsa.  Contoh In-App Purchase yang bisa dibeli antara lain berupa stiker dalam Path, perpanjangan layanan WhatsApp, dan item-item yang dijual dalam game atau aplikasi.